Miliki kepingan emas EOA GOLD dengan harga terjangkau. Beli Sekarang!

Alasan Kenapa Emas Disebut Aset Safe Haven

Seiring waktu berjalan, mayoritas pelaku pasar lalu menganggap emas sebagai aset safe haven. Emas digadang-gadang sebagai aset safe haven.
Emas sebagai Aset Safe Haven
Photo by Michael Steinberg from Pexels

Di tengah banyaknya gejolak global seperti saat ini, kita sering kali mendengar bahwa ekonomi global terancam resesi. Tak jarang pula, kita mendengar bahwa sejumlah investor beralih menuju aset safe haven.

Salah satu komoditas yang sering disebut-sebut sebagai aset safe haven adalah emas batangan dan turunannya.

Daftar Isi

Lalu, Apa Itu Aset Safe Haven?

Suatu aset dikatakan safe haven adalah ketika terjadi gejolak atau ketidakpastian dalam pasar finansial maka aset tersebut dianggap tidak berkaitan atau tidak memiliki hubungan negatif dengan aset atau portofolio investasi lainnya.

Dengan kata lain, aset safe haven diharapkan dapat bertahan atau bahkan nilainya dapat meningkat ketika terjadi gejolak pasar atau ketika aset investasi lain tengah menurun.

Di tengah ancaman krisis, investor akan cenderung memilih aset safe haven untuk melindungi diri dari kerugian.

Mengapa Emas Disebut Aset Safe Haven?

Logam mulia emas sebenarnya sudah menjadi salah satu pilihan investasi atau sarana menyimpan kekayaan jauh sebelum kebanyakan orang mengenal investasi portofolio berupa surat berharga (saham, obligasi, dan reksadana).

Seiring waktu berjalan, mayoritas pelaku pasar lalu menganggap emas sebagai aset safe haven. Emas digadang-gadang sebagai aset safe haven disebabkan oleh beberapa hal seperti di bawah ini :

1. Emas tidak berisiko kehilangan nilainya di tengah gejolak pasar keuangan

Emas dipercaya sebagai alat penyimpan nilai atau “store of value”. Emas tidak dipengaruhi oleh kebijakan suku bunga, kebijakan moneter atau fiskal lainnya yang ditetapkan oleh bank sentral ataupun pemerintah.

Safe haven banyak dicari investor untuk menghindarkan mereka dari kerugian ketika terjadi krisis keuangan. Itu sebabnya, harga emas justru cenderung beranjak naik ketika ekonomi dunia diliputi ketidakpastian.

2. Emas dalam portfolio investasi dapat mengurangi kerugian saat pasar saham anjlok

Saat pasar saham anjlok, sejumlah analis cenderung menyarankan untuk beralih ke emas. Emas dinilai mampu melindungi aset dari gerusan inflasi dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab itu, emas layaknya sebuah pilihan tepat bagi investor ditengah krisis.

3. Emas merupakan alat pertukaran dan medium pembayaran yang diakui di negara manapun

Seperti yang kita tahu, emas memang pernah menjadi nilai tukar sebelum adanya uang kertas maupun logam dalam aktivitas ekonomi.

Tak heran di tengah gejolak seperti saat ini, sering kali emas ikut menjadi sorotan.

Bagaimana, sudah berniatkah kamu untuk menabung emas sebagai investasi jangka panjang? Ayo miliki segera aset safe haven-mu dengan investasi emas batangan EOA GOLD!

Post a Comment