Miliki kepingan emas EOA GOLD dengan harga terjangkau. Beli Sekarang!

Pemula Harap Baca Ini! Harga Emas dan Fakta yang Harus Anda Ketahui

Investasi yang cocok untuk pemula adalah memulai investasi emas batangan. Cari tahu daily update EOA GOLD dan harga emas harian di EOA GOLD SOLO RAYA.
Ilustrasi Harga Emas
Image by Linda Hamilton from Pixabay

Banyak orang beranggapan bahwa harga emas selalu naik. Apakah benar demikian? Eits, kata siapa?! Jika Anda seorang pemula di dunia investasi khususnya investasi emas, artikel ini cocok untuk Anda baca sebagai tambahan wawasan yang sifatnya fundamental. Namun, jika Anda seorang yang sudah eksper, mungkin artikel ini cocok hanya sebagai wahana hiburan Anda.

Mari kita kenali terlebih dahulu harga emas melalui grafik harga dari data pada tahun-tahun sebelumnya. Harga emas di Indonesia dipengaruhi oleh harga emas dunia dan kurs mata uang Rupiah (IDR) terhadap Dollar Amerika (US$).

Grafik Harga Emas Jangka 5 Tahun
Harga Emas IDR/gram dari tahun 2016 – 13 Agustus 2020 [Sumber: GoldPrice.org]

Jika Anda perhatikan lebih baik dari grafik harga emas di atas, maka harganya tidak membentuk garis lurus. Melainkan, harga emas mengalami dinamika yang bergerak naik turun dari waktu ke waktu. Pada gambar grafik tersebut hanya berjangka 5 tahun ke belakang.

Hal tersebut sangatlah wajar, karena grafik harga produk-produk investasi selalu mengalami kenaikan dan penurunan (fluktuasi harga). Tak terkecuali investasi emas, harganya pun mengalami fluktuasi dari hari ke hari baik di skala global maupun nasional.

Lantas, bagaimana dengan harga emas untuk jangka panjang? Mari kita lihat grafiknya di bawah ini

Grafik Harga Emas Jangka Panjang
Harga Emas IDR/gram dari tahun 1994 – 2019 [Sumber: GoldPrice.org]

Dari grafik tersebut kita bisa lihat bahwa kecenderungannya adalah harga emas mengalami kenaikan dari puluhan tahun sebelumnya. Wow, fantastis kan? Bisa Anda bayangkan jika Anda memiliki warisan peninggalan emas batangan dari eyang Anda 5 gram saja dari zaman mereka, Anda saat ini sudah memiliki aset yang nilainya jutaan rupiah. Padahal di waktu itu eyang Anda mendapatkan emas batangan itu di harga ratusan bahkan puluhan ribu saja.

Melihat fenomena itu, maka sebagai calon investor atau investor yang sudah eksper sekalipun, Anda tidak perlu takut dengan kenaikan atau penurunan harga emas. Nah, sebagai investor emas yang baik Anda perlu melakukan beberapa hal yang paling mendasar ini, di antaranya :

  1. Pahamilah terlebih dahulu produk investasi dan risikonya sebelum mulai berinvestasi
  2. Jangan pernah berasumsi bahwa harga emas pasti selalu naik, karena kenyataan dari data mengatakan harga emas pernah turun
  3. Milikilah rencana investasi dan rencana keuangan (financial planning) sebelum Anda berinvestasi. Sesuaikan durasi tujuan keuangan Anda (misal, membiayai anak masuk kuliah) dengan produk investasi yang dipilih

Bagaimana? Anda merasa butuh dan memiliki ketertarikan akan berinvestasi emas? Jangan ragu untuk memulai berinvestasi demi mewujudkan cita-cita dan impian Anda.

Yuk, konsultasikan bersama kami, Agent of Gold EOA GOLD SOLO RAYA dan miliki emas batangan mulai dari kepingan terkecil 0,1 Gram (nol koma satu). Berinvestasi dengan produk emas EOA GOLD, Anda bisa merealisasikannya sedikit demi sedikit lama-lama tak terasa sulit.

Post a Comment